Service Radiator Kotor/Berkerak

Dalam 1 minggu (26082007), aku harus menambah air radiator si meme karena air yang ada di cadangan habis. Padahal dulu ketika sama si coco, saya sangat jangan menambah air radiator atau bahkan tidak pernah, karena memang air yang ada di tangki cadangan tidak terlihat berkurang. Ketika katup radiator dibuka terlihat banyak sekali cairan kental bewarna kuning-orange (kotor).

Pada hasil diagnosa awal kondisi si meme (non pemeriksaan yang dari bawah) p’imam menyarankan untuk mengerokkan radiator karena kondisi di dalamnya pasti sudah banyak kerak. Atas rekomendasi babe saya ke servis radiator beji yang berlokasi di ujung selatan sebelah barat jl. jagalan (sejalan dengan ayamg goreng mbok sabar/ radio redjo buntung).

  • Pertama-tama nunggu sampai radioator dingin yaitu cukup dengan mematikan mesin dan membuka kap mobil.
  • Slang/pipa penghubung ke radiator dilepas untuk kemudian radiator juga dilepas.
  • Slang/pipa penghubung tadi dibersihkan (jawa: digojaki) dengan air, air dimasukkan ke ujung satu dan nantinya dikeluarkan dari ujung satu nya.
  • Komponen radiator dipisah menjadi dua, yaitu komponen atas – bagian yang ada tempat tutup kita memasukkan air radiator dan komponen bawah (seperti lipatan2 kertas).
  • Kita bersihkan kerak sampai bersih dengan bantuan besi panas, logam pipih (utk menyogok bagian atas bawah yang berupa lipatan2 kerta), air keras, kuas kecil. Kita bisa mengerok kerak-kerak sampai cat yang ada luntur karena nanti bisa di cat lagi/di pilox.
  • Setelah itu kemudian komponen atas ditambal dengan menggunakan logam yang dilelehkan (spt tenol). Bapak yang menservis telah menyiapkan besi yang dipanaskan yang berfungsi spt solder sejak radiator dibongkar.
  • Kemudian komponen radiator disatukan dan ditenggelamkan di kolam air, (setelah 2 lubang besar ditutup) yaitu untuk dicek apakah radiator ada yang bocor atau tidak. Dan jika masih bocor maka ditambal lagi.
  • Setelah tes kebocoran lolos, radiator dikeringkan dengan terik matahari untuk kemudian di-pilox hitamuntuk mengganti cat yang tadi luntur akibat terkerok/luntur kena air keras.
  • Setelah itu radiator dipasang lagi, untuk bagian2 yang akan dihubungkan dengan selang (ada 2 titik), bisa dibelit dengan plester putih spt ketika akan menyambung pipa.
  • Setelah terpasang, kemudian radiotor diisi air bersih dan dites.
  • Radiator dibiarkan terbuka dan mesin dihidupkan sehingga kita bisa memantau air radiator. Kita bisa menambahkan air setelah mesin dibleyer-bleyer.
  • Jika sudah tampak normal, ya tinggal bayar saja.

Biaya servic radiator tersebut diatas = Rp. 60.0000,00. Saya menunggu pengerjaan service tersebut lebih kurang 3.5 jam. So jangan lupa bawa cemilan atau bacaan, agar tidak bosan.

About these ads

9 Responses

  1. woalah , masss..
    mobilmu mungkin layak derek…
    *kabuurrr..*

  2. mobilmu aku beli 100 ribu aja mas…gimana ? :))

    #100 rb dolar amerika? hmm aku pertimbangkan lagi deh

  3. saya udah pernah mencobanya ditempat itu.

  4. kalau yang kurang sabaran jangan service disana deh….. lama banget lgo.

  5. he he klu takut lama nunggu bawa aja kelaut rancak bana ok

  6. koq ga di isi cairan khusus radiator (coolant).. cuman aer bersih doang.. bisa2 3 bln sekali dikerok tu radiator

  7. kalau mau service radiator yang bagus ada di sunter podomoro jl. agung barat blok a3 no. 15 sunter agung jakarta utara kalau dari sunter mall arah kemayoran sebelum lampu merah belok kanan sedikit namanya PUTRA LAUT Radiator ” bagus murah garansi ” rata rata 50rb per service

  8. Lama amat servicenya smpe 3jam lebih,,d tempatku cm 2jam aja tuh….soalx d tmpatku alatnya g pake besi yg di panasin,,jd pke alat sperti punya kemasan,,so cpet skali, 2jam itu msih bisa lbh cpt lg klo dteng duluan….hehe

  9. Good day. Very nice blog!! Man .. Excellent .. Wonderful .. I’ll bookmark your blog and take the feeds additionally…I’m happy to locate a lot of helpful information right here in the post. Thank you for sharing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: