Fenomena Alam alert-nya Gempa

Suatu bencana alam memang selalu datang secara tidak diundang. Walaupun di jaman yang udah modern gini, alat2 berteknologi tinggi telah dihasilkan untuk mengurangi timbulnya korban jiwa ataupun kerugian lainnya.

Ketika suatu bencana alam akan datang, sebenarnya seringkali ada suatu fenomena dari alam yang ganjil. Fenomena ganjil tersebut dapat digunakan sebagai “warning” akan adanya suatu bencana yg bakal terjadi. Ada kalanya bencana itu datangnya hanya terpaut 60 menit tetapi ada kalanya bencana terjadi setelah berselang beberapa hari kemudian. Berikut ada postingan menarik yang saya baca di mailinglist tti_uii@yahoogroups.com.

CIRI CIRI GEMPA

Kemarin di Fuji TV ada acara yang bagus banget tentang gempa. Disitu dijelasin apa penyebab gempa dan apa impact-nya. Bagi yang belum tau, kayaknya informasi kayak gini penting juga untuk diketahui…

Gunung mau meletus masih relatif memungkinkan diketahui dari awal Lewat pemantauan aktivitas perut gunung. Angin typhoon mau dateng juga Masih memungkinkan dibaca arahnya dan Diukur kecepatannya.

Tapi kalo gempa sama sekali nggak bisa diprediksi kapan akan terjadi…
Nggak ada penelitian yang bisa sama sekali tepat memprediksi gempa. Itulah makanya gempa itu sangat berbahaya.

Tapiiiiii…….. biarpun susah diprediksi, ada beberapa fenomena alam yang patut dicermati dan bisa dianggap “alert” sebagai tanda akan adanya gempa. Niih tanda-tandanya :

1. Mulai sekarang kalo jalan jangan suka nunduk.
Liat-liat deh ke langit… Kalau di langit keliatan ada awan yang bentuknya seperti angin tornado atau seperti pohon atau seperti batang.. pokoknya bentuknya berdiri… bisa dibilang itu adalah awan gempa yang biasanya muncul sebelum gempa terjadi. Liat deh gambar yang ada di attachment. Itu foto awan yang muncul di Kobe, Jepang sebelum tragedi gempa besar Kobe17Januari ’95.

Awan Vertikal Tanda  Gempa di Kobe 17 Januari 1995

Awan yang bentuknya aneh itu terjadi karena adanya gelombang elektromagnetis berkekuatan hebat dari dasar bumi, jadinya ‘menghisap’. Daya listrik di awan.. makanya bentuk awannya jadi kayak tersedot kebawah.

Awan Vertikal Tanda  Gempa Kobe 17 Januari 1995

Gelombang elektromagnetis berkekuatan besar itu sendiri terjadi akibat adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Tapi belum tentu juga kalau ada awan seperti itu di langit berarti mau ada gempa. Bisa aja memang bentuknya seperti itu. Naaah untuk tau apakah itu awan gempa atau bukan, coba liat no. 2

2. Coba diuji medan elektromagnetis didalam rumah.
– Cek siaran TV, brebet-brebet apa enggak
– Kalo ada mesin fax, cek apakah lampunya blinking biarpun lagi gak transmit data.
– Coba suruh orang lain kirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang diterima brantakan atau enggak.
– Coba matiin aliran listrik. Cek apakah lampu neon tetap menyala redup/remang-remang biarpun nggak ada arus listrik.

Kalo tiba-tiba TV brebet-brebet, lampu fax blinking padahal lagi gak transmitting, teks yang kita terima berantakan dan neon tetap nyala. Biarpun gak ada arus listrik, itu berarti memang sedang ada gelombang elektromagnetis luar biasa yang sedang terjadi tapi kasat mata dan gak Bisa dirasa manusia.

Tapi belum tentu juga kalau ada awan gempa di langit dan ada gelombang elektromagnetis luar biasa menandakan ada gempa. Untuk lebih memastikan lagi, coba liat no. 3

3. Perhatikan hewan-hewan. Cek apakah hewan-hewan seperti “menghilang”, lari, atau bertingkah laku aneh/gelisah.. insting hewan biasanya tajam Dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis. Naaaaah kalo tiga tanda-tanda itu ada atau terlihat dalam waktu bersamaan, segeralah bersiap-siap untuk evakuasi. Tiga tanda tersebut kemungkinan besar menunjukkan kalo memang mau ada Gempa berkekuatan besar.

Walaupun demikian, adanya awan gempa yang bentuknya aneh itu tetep nggak bisa memastikan kapan gempa terjadi. Awan seperti itu keliatan di Kobe 8 hari sebelum gempa. Tapi di Niigata, awan seperti itu keliatan hanya 4 jam sebelum gempa Niigata Oktober 2004.

Oleh karena itu jangan tunggu-tunggu lagi… sebisa mungkin langsung lakukan tindakan penyelamatan diri untuk menghindari hal-hal yang paling buruk.

Kalo skala gempanya besar dan episentrumnya terletak di laut, kita harus selalu aware akan datangnya gelombang tsunami. Tingginya gelombang bisa puluhan meter, bisa juga cuma dua meter. Tapi biarpun cuma 2 meter, gelombangnya nggak main-main. Kekuatannya dahsyat (seperti nggakhabis-habis) dan tekanannya bisa mencapai 190 kilogram.

Beberapa tanda akan terjadi gelombang tsunami adalah laut tiba-tiba menyurut dan burung-burung laut terbang dengan kecepatan tinggi ke arah daratan.

Kalo liat dua tanda seperti itu, langsung selamatkan diri ke daerah yang lebih tinggi. Tapi kalo nggak sempet lari sementara tsunami udah di di depan mata, Jangan berlindung di balik bangunan yang terbuat dari tembok/beton.. karena Bisa hancur dan malah membahayakan orang yang berlindung.

Sebisa mungkin berlindung di balik daerah rimbunan (pohon, tanaman, semak-semak, rawa). Karena kekuatan gelombang jadi terpecah dan nggak memusat kalau membentur semak.

Terakhir, jangan lupa berdoa sama pasrah….semoga kita dilindungi Allah SWT. Amiin…


Yap, kita memang harus peka terhadap kondisi di sekitar lingkungan kita. Aq juga pernah dapet cerita dari istrinya sohibku yg tinggal di Aceh ketika ada tsunami aceh. Pada malem hari tsunami, anjing2 pada melolong2 dan hal itu tidak pernah terjadi sebelumnya.

Semoga kita menjadi lebih waspada tetapi tidak panik dan melakukan antisipasi berdasarkan akal sehat anda.

17 Responses

  1. Berguna bgt bwt bekal aQ toek menjalankan program KKNQ yg berhub dengan trauma healing di Tlogo,Klaten. Jd bisa bwt bahan n tambahan pengetahuan toek anak2 dan warga Klaten
    Thx bgt.
    eyaimoet@yahoo.co.id

  2. pengetahuan penting banget buat kita ketahui apalagi kalo soal kayak gitu ! kita kan juga perlu waspada! artikelnya cukup menarik, ntar gw masuki sebagai daftar tugs gw deh !

  3. #1 & #2 syukur deh kalo informasinya berguna, itu juga rangkuman dari berbagai sumber🙂

  4. jkhgd

  5. bagus banget ada infornasi gempa!!!!!tp gambarnya yang lebih banyak.jd tambah pengetahuan aplg skrng bnyk issue gempa.tx gbu

  6. wah… harus sring2…melototin langit nc. masih trauma gempa jogja. eh, buat empunya blog, liat blognya dongeng geologi,dunk!di situ ada artikel yang berlawanan dg artikel ini.

  7. bs kirim sms REG EW ke 7263(tsel), 7890(indosat),4262(flexi),9600 (xl)untuk info gempa di yk & sekitarnya, spy kalo gempa ada info jelas pusatnya dimana, seberapa bsr, langsung dr BMG kerjasama GCP inspira. 1000/sms.
    hehehe..numpang iklan yaa

    #gak papa deh kalo buat mamavino.

  8. berarti yg diatas tu awan ya?Manx bnr klo da awan kya gtu bs jd Gempa?????????

    #belum tentu juga pak……

  9. Ajiib bgt informasinya!
    dikemas dalam bahasa yang asyik, so kalangan abg gampang bgt nyerepnya. like me hehe…

  10. Rahsia tentang taman, rahsia, rahsia, rahsia
    dalam http://www.rahsiataman.com
    Rahsia yang dibongkarkan….

  11. baguzz bangetz…
    pengetahuanku jd nambah…
    pliss…lebih lengkap ya???
    gambarnya juga dibanyakin yaa???
    Thanks…

  12. gile.. thx ya .

  13. keren infonya!!!

  14. Subkhanallah….
    Ok bnget deh alurnya. Btw, anda sebagai kontributor misteri yang udah 384 Tahun belum juga terurai….

  15. klo gitu kenapa ga ada yg buat alat pendeteksi gelombang elektromagnetis yak😀

    secara awan yg di langit aja sampe kesedot😀

  16. bguna bget nii,, hhe,,,

  17. oh gtu y..
    makasih bgt y..
    soalna selama nih gw ngalami gempa kurang memperhatikan ciri2na kyak apa..
    (http://rior06.student.ipb.ac.id)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: