Obat Nyamuk itu RACUN !!

Tahukah Anda bahwa obat nyamuk itu pada prinsipnya adalah RACUN dan tidak ada racun yang tidak berbahaya. Banyak tayangan iklan obat nyamuk yang menurut aq sebenarnya merupakan sesuatu yang menyesatkan, yaitu di ungkapan “Tidak bikin batuk”, “Wanginya segar” membuat kita (paling gak aq) seolah-olah tidak berbahaya berada di ruangan yang abis disemprot obat nyamuk.

Tipe semprot
Racun-racunnya yang umumnya ada :

  • Dichlorvos (DDVP) : zat turunan chlorine yang sudah sejak dahulu dilarang penggunaannya di dunia, sehingga sangat berbahaya untuk digunakan (walau memang ampuh)
  • Propoxur yang diduga kuat sebagai zat karsinogenik dan diluar negeri telah dilarang penggunaannya.
  • Transfluthrin : relatif aman hingga saat ini
  • Cyfluthrin : relatif aman

Obat nyamuk yang non DDVP dan non propoxur cenderung lebih aman tetapi hanya efektif melawan nyamuk Aedes dan kurang ampuh terhadap nyamuk Culex sp (nyamuk yang sering mengganggu malam hari kita)

Model bakar & elektronik
Harus dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan tidak boleh dalam ruangan tertutup karena racun dan asap yang dihasilkan akan mengurangi proporsi kandungan oksigen dalam ruangan

Penolak nyamuk/ reppelent
Racun yang dikandung kebanyakan adalah Diethyltoluamide/ DEET, yaitu zat yang sangat korosif (hati-hati dengan tayangan iklan yang bilang “lembut bagi kulit”), sehingga kalo mau make pilih yang kadar DEET-nya terkecil.

Setelah dapat info kek gitu, so aq……

  • Nyemprotin obat nyamuk hanya ketika mo pergi aja
  • Obat nyamuk semprot yang aq beli sih yang cukup untuk ngusir nyamuk ‘n kecoa, yaitu dengan Transfluthrin dan Cyfluthrin.
  • Gak bakalan make anti nyamuk dah, nah anti nyamuknya aq ganti ama minyak kayu putih
  • Gak make obat nyamuk bakar juga, emak-ku nih yang demen make ginian.
  • Kalo ada nyamuk yang bising dan ngeganggu tidurku baeknya diapain yach ? soalnya nih, kalo pas lagi di rumah kakekku yang di kampung, situasi ini bakalan kejadian.

Artikel ini saya buat ketika abis baca mail Bahaya Dasar Obat Nyamuk di milis ikapakci-nya yahoo. Or ada juga di http://www.mail-archive.com/estika@yahoogroups.com/msg00884.html.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: