Jogja Book Fair 2006

Aq merasa puas bisa menyaksikan Jogja Book Fair (JBF) 2006 yang diselenggarakan di Jogja Expo Center (JEC) Jalan Raya Janti. Aq menyaksikan JBF (yang di iklannya menyebutkan sebagai pameran buku terbesar di Indonesia) ini selama hampir 3 jam di hari minggu.
Buku yang membuatku tergoda untuk membelinya :

  • Buku tentang wayang terbitan Kedaulatan Rakyat, aq tertarik karena di buku ini dibahas tentang profil tokoh pewayangan termasuk di dalamnya silsilah beberapa tokoh wayang. Buku ini tidak bertujuan untuk memaparkan cerita-cerita pewayangan.
  • Buku tentang kisah suksesnya google, aq tertarik karena ini menggambarkan sebuah kisah nyata tentang sebuah kesuksesan sehingga aq berharap mendapatkan semacam pencerahan😛
  • Buku tentang cerita pemecahan misteri segitiga bermuda, beberapa hari sebelum ke JBF aq sempat nonton tayangan tentang segitiga bermuda ini di Discovery Channel, so jadi pengen tau terkait segitiga bermuda ini.
  • Buku terkait change management, aq tertarik dengan informasi change management.
  • Buku tentang kronologi jatuhnya Suharto, kolesi Kompas.
  • Majalah Angkasa edisi khusus tentang Pembunuh Bayaran.
  • Buku periklanan, aq tertarik untuk bisa punya koleksi gambar2 iklan tempo doeloe sampai sekarang yang ada di buku itu.

Tidak ada satu pun buku yang aq beli di JBF dan disana aq malah membeli sebuah peta kota Solo dan Semarang (7.5kRp). Aq membeli sebuah buku biasanya untuk kebutuhan koleksi yaitu karena aq merasa kandungan (isi)-nya unik/langka. Untuk buku yang sifatnya umum, aq masih mengharapkan bisa mendapatkannya dari internet.

Dari JBF 2006 ini aq membuatku tidak puas:

  • Aq tidak menjumpai buku-buku yang berisi tentang pengungkapan kekayaan alam Indonesia (spt : buku tentang relief candi Borobudur, dll.). Buku-buku ini biasanya dalam bahasa inggris dan bisa dijumpai di toko buku bandara.
  • Tidak ada partisipasi dari pihak perpustakaan, sehingga kita tidak bisa mengetahui buku-buku yang sifatnya tidak umum (mis. buku tentang corak batik, dll.) Padahal buku-buku semacam ini sangat berguna untuk memperkaya wawasan kita. Dan bisa untuk promosi perpustakaan (katalog online, dll.).
  • Mayoritas buku-buku yang dipamerkan bisa kita jumpai di toko-toko buku, hanya bedanya di pameran ada pemberian discount/obral koleksi lama.

4 Responses

  1. Kalo buku yg dimaksud itu Nonton Wayang dari Berbagai Pakeliran, aku udah beli kok. Reviewnya bisa diliat di blogku. Tentu aja reviewnya sedikit ngaco, kekekekekekekeke

  2. #1 Wah makasih info, aq kira emang itu deh bukunya. Rewiewnya cukup global🙂

  3. wakakakaka…itu review ngawur kok…penuh subjektifitas ala cah solo :p
    aku juga punya buku yg judulnya “Bhauwarna Wajang”. Buku jaman nggak enak bgt. ejaannya masih ejaan lawas dan kertasnya skrg udah menguning. total pake bahasa jawa. Tapi lumayanlah buat kalo mau dijadiin referensi. isinya lebih ke – misalnya – wayang ini senjatanya apa, wayang itu ksatriannya dimana. masalahnya, bukunya masih ketinggalan di rumah denpasar. besok habis lebaran aku bawa deh. sekalian mau kuperbanyak. lha daripada kehilangan pegangan, sekali-sekali kayaknya nggak masalah kalo membajak…lagian memang udah nggak ada lagi di pasaran🙂

  4. #3 seneng dah ada yang mau melestarikan buku2 gitu, paling gak utk koleksi pribadi. Utk koleksi aq emang memprioritaskan yang langka2 gitu sih. terutama yang terkait ama budaya kita.🙂 Met berjuang terus ya pak ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: