Klaim Askes

Berikut ini alur pengurusan klaim askes, mulai dari pendaftaran sampai dengan mendapatkan uang asuransi. 

  • Cari info kepada pihak RS dimana tempat pengurusan (loket, dll.) askes.
  • Daftarkan/laporkan kejadian yang nantinya anda ingin ajukan klam-nya secepatnya (paling lambat 2×24 jam).
    kebutuhan: menunjukkan kartu askes, menyerahkan fotocopy kartu askes, form dari petugas penerima laporan pengajuan klaim, surat-surat lain (lupa :p … kalo tidak salah spt surat dari dokter yang meminta untuk menginap, dll.). kelengkapan ini bisa dibaca di loket askes yang ada di rumah sakit.

misalnya.
kasus: sakit dan perlu rawat inap di RS. laporkan segera ke loket askes yang ada di RS. Nanti oleh petugas akan diberi form untuk kemudian diisikan. Form yang telah diisi, kita kembalikan lagi beserta dengan kelengkapannya.  setelah dilaporkan maka kita bisa mengajukan klaim diakhir, yaitu ketika kita sudah mendapatkan bukti pembayaran.

  • ketika kita telah melakukan semua pembayaran biaya RS. maka kita akan mendapatkan sebuah kertas bukti bayar (lengkap dengan daftar komponen biaya yang dikeluarkan). Dengan kuitansi tersebut kita mengajukan klaim terkait uang asuransi. Rekening dan form pendaftaran/laporan klaim kita serahkan ke bagian loket askes di RS. untuk kemudian kita diberi kertas untuk kemudian kita diserahkan ke bank (loket bank di RS) untuk mengambil uang asuransi.
    kebutuhan:
    kuitansi asli (rinci dengan item pembiayaan dan untuk bagian obat harus didetailkan daftar obat yang digunakan – karena hanya obat-obat tertentu yang bisa ditanggung askes), form bukti pelaporan/pendaftaran klaim.
  • Kemudian kita akan mendapatkan surat yang intinya bisa digunakan untuk meminta uang asuransi di loket bank )yang ada di RS). Setelah uang asuransi kita terima maka jangan lupa meminta tanda bukti bayar lagi tetapi yang sudah dikurangi askes. hal ini berguna jika kita akan mengurus asuransi yang lain. Perhatikan waktu buka loket penarikan uang asuransi, karena biasanya waktu lebih singkat dari waktu pelaporan/pendaftaran berkas klaim.

semoga bisa berguna bagi anda atau teman anda yang membutuhkan. maaf jika mungkin ternyata ada perbedaan pengurusan dari yang saya ketahui ini.

One Response

  1. saya mau cari formulir askes di mana donk saya harus download

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: