transportasi umum di djogja

Apakah anda pernah singgah ke djogja ? Kendaraan apa yang ada gunakan sebagai alat transportasi?
Jika anda mempunyai kendaraan pribadi tentu tidak lah repot, tetapi jika tidak ada trus make apa dunk….
Berikut jenis-jenis alat transportasi umum di djogja – yogya – yogyakarta :

  • andong: alat transportasi tradisional berupa kreta kayu dengan empat roda yang ditarik seekor kuda (yang lebih dari seekor kuda jarang). mungkin dikota-kota lain biasa dinamakan delman. andong banyak dijumpai di sepanjang jalan malioboro atau sekitar pasar beringharjo. anda bisa menyewanya (tarif berdasar jarak & nego) untuk keperluan jalan-jalan santai yang tidak ada deadline waktu-nya. pernah ada temenku dari sulawesi, duduk menghadap ke belakang. untuk kapasitas orang sih seperti kapasitas mobil kijang dah. andong sering digunakan bagi para mbokdhe-mbokdhe (istilahku bagi para ibu245an/mbah2 desa) untuk mengangkut barang blanjaannya (kulakan) dari pasar ke rumah mereka. kek taksinya jaman dulu kali ya…..
  • becak: alat transportasi ini berbahan bakar nasi, karena yang membuat becak ini berjalan adalah manusia. becak dikayuh oleh tukang becak yang biasanya duduk dibelakang. saya kadang menggunakan jasa mereka untuk jarak deket (kurang dr 1 km). dulu waktu budhe sering ke jogja, ke malioboronya sering naek becak karena sambil liat-liat daerah sekeliling. penumpang duduk di depan dan kapasitasnya 2 orang atau 1 orang jika gemuk. Tarif becak tergantung dari jarak & sifatnya nego.
  • ojek: yang jenis ini mungkin hampir di tiap kota ada ya. berupa motor yang kalo kita menyewanya maka kita akan memboceng dibelakang sedang tukang ojek akan didepan mengendarai motornya. kapasitas hanya 1 orang. cocok jika kita sendirian, daripada sewa taksi mahal. Tarif ojek juga berdasarkan jarak & sifatnya nego.
  • bus kota: yang ini juga setiap kota pasti ada. alat transportasi berupa bus yang biasanya menjangkau wilayah kota dan sekitarnya. tarif jauh dekat sama saja. di jogja ada beberapa merk: bus kota (warna orange), aspada (cenderung biru-putih), damri. Tarif jauh dekat sama saja.
  • angkudes: merupakan angkutan umum antar desa yang mobilnya berupa mobil jenis carry. biasanya masuk ke desa-desa. Tarif angkudes rata-rata berdasarkan jarak yang ditempuh tetapi tidak nego.
  • angkot khusus: merupakan angkutan umum dengan trayek tertentu. mis: ke kaliurang, ke prambanan, dll. mobilnya jenis colt. Tarif angkot rata-rata berdasarkan jarak yang ditempuh tetapi tidak nego.
  • taksi: merupakan kendaraan jenis sedan yang cocok digunakan jika kita pergi berkelompok:3-4 orang.

Nah, silahkan memilih kendaraan umum apa yang cocok dengan kebutuhan dengan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: