Lagu asli Indonesia Raya ?

Ketika sedang dinner sambil nonton berita, ada sebuah berita yang menurut saya sangat menarik, yaitu: Roy Suryo menyatakan telah menemukan lagu asli Indonesia Raya.

Saya juga menemukannya di salah satu berita di RiauInfo.com :

“Saya menemukan lagu asli Indonesia Raya ini di Belanda sekitar tiga minggu lalu. Dan telah saya beritahukan pada Mensesneg Atta Radjasa, dan Depkominfo . Dalam pengajuan ini saya berharap lagu asli Indonesia Raya ini akan menjadi hadiah istimewa pada peringatan HUT RI pada 17 Agustus 2007 ini,” ujar Suryo dosen UGM tersebut.

hm…

Trus yang selama ini dinyanyikan ketika upacara bendara, dll. itu lagu indonesia raya yang palsu gitukah??

Saya juga sempet googling dan menemukan komentar beberapa orang yang menyatakan pernah menyaksikan lagu (yaitu lagu yang sama dengan yang baru dilihat oleh Roy Suryo tersebut) di internet.

Mungkin karena Roy Suryo mendapakan sumber nya di Belanda dan setelah dikonfirm ke pihak yang berkepentingan dan ternyata malah merasa tidak mempunyai koleksi itu maka dia menganngapnya sebagai penemuan yang sangat penting.

Menurutku sih……..

  • Roy suryo paling tidak telah berhasil dalam memblow up bahwa ada versi lagu indonesia raya yang lain. (besok2 kalo nemuin ginian, aq mau spt itu ah dan sekalian njual berita media. wakakakak jahatnya aku…) gitu ajah kok heboh.
  • Selain itu juga dia harus bisa membantu mendapatkan film asli-nya sehingga barang tersebut bisa disimpan oleh pihak yang seharusnya (badan arsip or apalah), or jangan2 hanya ambil dari internet juga. cape’deh………
  • Pemerintah harus memberikan penjelasan terkait perbedaan tersebut, apakah memang terdapat beberapa versi lagu indonesia raya dan telah ada penetapan khusus versi menjadi lagu indonesia raya yang baku (utk acara formal, dll.). Sehingga fenomena ini tidak akan simpang siur atau bahkan timbul opini publik yang negatif.
  • Lagu Indonesia Raya di youtube ataupun yang dah ada di internet itu gimana?

8 Responses

  1. mungkin setiap menyanyiken lagu indonesia raya perlu membacakan metadatanya juga

    =))

    ada2 saja si KeRMiT

    Hi Roy™

  2. hush… pakdhe… :p

    * aku ndak ikut ikut *

  3. kkk ….
    dimilis milis juga banyak beredar berita ginian ..
    benr ga ya?

  4. Anggap saja itu hadiah yang tidak mengejutkan😀

  5. waduh..waduh om roy kayaknya pengen tenar dan populer, komentarnya dari mulai photo2 Me**m sampai dengan video…besok apa lagi om… :))

    #paling ini: meneliti keaslian video manusia purba sangiran or video perang baratayudha

  6. wekekekek br tau berita ini (dari maren kemana ajay yak?😀 )… emang bikin heboh ajah tuh si om

  7. ah , si Roy bikin ulah lagi, sebenarnya lagu dengan lirik 3 stanza itu ud ada diyoutube sejak tahun 2006, yang upload adalah orang yang mendukung paham marhainisme, sebenarnya kenapa video tsb gak pernah diblow up soalnya saat itu lagu indonesia raya dengan lirik yang berbeda dengan lagu indonesia raya yang resmi sekarang tidak boleh dinyanyikan, si katon bagaskara malah udah sering nyanyiin lagu 3 stanza tersebut klo ada acara diyogya, klo gak salah WR supratman bikin beberapa jenis lirk lagu indonesia raya, salah satunya yang diklaim diketemukan asli, lirik yang pertama gak pake kata merdeka tapi mulia mulia.

    #maklum, selebritis telematika

  8. berarti bagus yang sekarang dong merdeka merdeka. bangsa Indonesia cinta damai tetapi lebih cinta kemerdekaan. Merdeka!!! Hidup Free and Open Source Software

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: