Service Radiator Kotor/Berkerak

Dalam 1 minggu (26082007), aku harus menambah air radiator si meme karena air yang ada di cadangan habis. Padahal dulu ketika sama si coco, saya sangat jangan menambah air radiator atau bahkan tidak pernah, karena memang air yang ada di tangki cadangan tidak terlihat berkurang. Ketika katup radiator dibuka terlihat banyak sekali cairan kental bewarna kuning-orange (kotor).

Pada hasil diagnosa awal kondisi si meme (non pemeriksaan yang dari bawah) p’imam menyarankan untuk mengerokkan radiator karena kondisi di dalamnya pasti sudah banyak kerak. Atas rekomendasi babe saya ke servis radiator beji yang berlokasi di ujung selatan sebelah barat jl. jagalan (sejalan dengan ayamg goreng mbok sabar/ radio redjo buntung).

  • Pertama-tama nunggu sampai radioator dingin yaitu cukup dengan mematikan mesin dan membuka kap mobil.
  • Slang/pipa penghubung ke radiator dilepas untuk kemudian radiator juga dilepas.
  • Slang/pipa penghubung tadi dibersihkan (jawa: digojaki) dengan air, air dimasukkan ke ujung satu dan nantinya dikeluarkan dari ujung satu nya.
  • Komponen radiator dipisah menjadi dua, yaitu komponen atas – bagian yang ada tempat tutup kita memasukkan air radiator dan komponen bawah (seperti lipatan2 kertas).
  • Kita bersihkan kerak sampai bersih dengan bantuan besi panas, logam pipih (utk menyogok bagian atas bawah yang berupa lipatan2 kerta), air keras, kuas kecil. Kita bisa mengerok kerak-kerak sampai cat yang ada luntur karena nanti bisa di cat lagi/di pilox.
  • Setelah itu kemudian komponen atas ditambal dengan menggunakan logam yang dilelehkan (spt tenol). Bapak yang menservis telah menyiapkan besi yang dipanaskan yang berfungsi spt solder sejak radiator dibongkar.
  • Kemudian komponen radiator disatukan dan ditenggelamkan di kolam air, (setelah 2 lubang besar ditutup) yaitu untuk dicek apakah radiator ada yang bocor atau tidak. Dan jika masih bocor maka ditambal lagi.
  • Setelah tes kebocoran lolos, radiator dikeringkan dengan terik matahari untuk kemudian di-pilox hitamuntuk mengganti cat yang tadi luntur akibat terkerok/luntur kena air keras.
  • Setelah itu radiator dipasang lagi, untuk bagian2 yang akan dihubungkan dengan selang (ada 2 titik), bisa dibelit dengan plester putih spt ketika akan menyambung pipa.
  • Setelah terpasang, kemudian radiotor diisi air bersih dan dites.
  • Radiator dibiarkan terbuka dan mesin dihidupkan sehingga kita bisa memantau air radiator. Kita bisa menambahkan air setelah mesin dibleyer-bleyer.
  • Jika sudah tampak normal, ya tinggal bayar saja.

Biaya servic radiator tersebut diatas = Rp. 60.0000,00. Saya menunggu pengerjaan service tersebut lebih kurang 3.5 jam. So jangan lupa bawa cemilan atau bacaan, agar tidak bosan.

Tamiya : Proto Emperor

Ketika smp ada mainan yang cukup ngetrend: TAMIYA yaitu mainan genre automotive dengan bahan dasar plastik. Produk ini mengharuskan kita untuk melakukan perakitan atas komponen-komponen yang ada, untuk kemudian baru bisa kita mainkan. Faktor perakitan ini lah yah yang mengasikkan. Jika kita ada budget lebih, maka kita bisa membeli beberapa spare part yang kualitas nya bagus. Tetapi ada juga para pehobi yang membuat sendiri spare part-nya.

Tamiya Proto Emperor

Mainan tamiya ini sering dilombakan sebagai balap mobil di suatu sirkuit mainan, baik sirkuit keluaran tamiya atau tidak (mis. dari semen, dll.). Faktor yang berpengaruh adalah dinamo.

Dulu sempet ada lomba adu balap tamiya sebagai salah satu rangkaian lomba anak-anak di event 17 Agustus, dan proto emperor ku berhasil menempati urutan kedua.

males nge-blog

hm…

napa kok jadi males nge-blog ya….

mengundang ke syukuran ngunduh mantu

undangan syukuran ngunduh mantu

Undangan syukuran ngunduh mantu

.

denah acara syukuran ngundu mantu

Denah syukuran ngunduh mantu

Makan di Timbul Roso (ikan)

Siang (05082007) hari telah lewat tetapi kami belum punya makanan untuk dimakan sehingga kami sepakat untuk makan di luar. Rasa kangen makan ikan-ikan-nan membuat kami mencari makan di daerah pakem (sleman, d.i.yogyakarta) karena di daerah pakem terdapat cukup banyak rumah makan dengan menu utama masakan ikan: gurameh, bawal, nila, dll.

Hari itu kami makan di Timbul Roso. Asumsi kita dari arah selatan, setelah RS Panti Nugroho kita belok ke kanan /kearah timur yaitu mengarah ke jalur alternatif surakarta. Ke utara terus menuju cangkringan yang nantinya kita akan melewati RM. Boyong Kalegan, RM. Pondok Galih. Nah Timbul Roso akan kita jumpai kurang dari 1 km dari boyong kalegan dan berada di kiri jalan. Pada tahun 1995, di daerah itu yang cukup dikenal adalah Boyong Kalegan dan sekarang masih sangat ramai juga.

Kesan-kesan saya:

  • Harga murah

Yang membuat saya pertama kali mencoba makan di tempat ini adalah karena harganya yang lebih murah dibanding yang lain (3 tahun lalu) dan beramai-ramai. Selanjutnya sih gak pernah bandingin lagi dan kalo ada temen yang tanya saya rekomendasikan tempat ini.

  • Masakan cukup enak

Masakannya juga cukup enak (versi lidah saya loh) dan gak kalah dengan tempat serupa yang lain. Kita akan mendapatkan 1 cawan kacang goreng secara cuma-cuma.

  • Tempat asri dan alami

Serasa makan di hutan, karena pondok-pondok makannya terletak di tengah kebun yang sangat rimbun. Sekarang suasana kebun-nya terlihat lebih tertata daripada dulu. Udaranya cukup bersih dan segar.

  • Lesehan

Kita bisa makan sambil lesehan (duduk di bawah dan tanpa kursi) dan 90% yang makan di tempat ini duduknya lesehan. Di sini juga ada pendopo (utk syukuran, dll.) ataupun tempat makan model duduk di kursi. Tempat juga sangat luas.

Skor Kuliner
Harga  : *****
Tempat : *****
Rasa   : ****
Tag : ikan tawar, lesehan, ramerame

Tidurku Bergetar

Sedang enak-enaknya tidur, kok terasa ada getaran-getaran ya…. Apa nih? Kok tubuhku terasa bergetar-getar yach? Dan ternyata tidak hanya itu, kaca2 dan pintu juga terdengar berisik (maklum rumah kpr tahun 80-an).

Waaaaaaaa ada GEMPA !@#@!$”>!@#@!$

Kami pun keluar dari rumah dan para tetangga pun juga pada keluar dari rumah mereka. Aku kemudian masuk lagi, menghidupkan radio mw/sw, sapa tau ada info-info lokal terkait gempa ini. Huuh, radio-nya ternyata malah gak mau bunyi, yaudah nyalain TV  saja. Lalu saya mencari hp buat sms si taritol gadis bantul, takutnya kek peristiwa 27 mei yang lalu. SMS ternyata mending lima menit-an.

Setelah gempa tidak terasa lagi terlihat pada kembali ke rumah masing-masing dan kami mencoba mengkontak saudara/teman kami. Tak lama kemudian, RCTI menyampaikan berita bahwa telah terjadi gempa pk 00.15-an, pusat gempa ada di barat laut Indramayu dan berukuran sekitar 7 SR. Berita ini cukup meyakinkan kami bahwa gempa ini tidak seperti yang 27 mei yang lalu.

Selanjutnya, kami meneruskan … (maap crita selanjutnya tidak utk umum).

ke Bantul Expo 2007

Sore, setelah pulang kerja kami jalan ke Bantul Expo 2007 yang diselenggarakan di Pasar Seni Gabusan Bantul dJogja (Jl. Parangtritis).

  • Parkir Rp. 5000,-

Aku gak tau sebenernya utk event-event seperti ini ada koordinasi terkait parkir gak sih dengan panitia. Seharusnya masyarakat tidak perlu dirugikan dengan adanya lonjakan harga karcis parkir yang dimainkan oleh para tukang parkir liar. Semoga saja hasil parkir ini bisa berguna bagi masyarakat sekitar dan bukannya malah dipegang para mavia-mavia parkir.

  • Stand produk bantul

Ada event Bantul Expo atau tidak, di Pasar Gabusan memang terdapat kios-kios yang menjual barang-barang kerajinan hasil karya masyarakat Bantul. Barang-barang ini lah yang sebenernya sering kita jumpai di pusat-pusat perbelanjaan (mall, dll.). Karena saya suka dengan wayang, saya cukup lama ngetem di kios yang memamerkan wayang kulit. Hiasan kulit, batik, makanan, tas, sepatu/sandal, dll. Continue reading