Automotive

Service Radiator Kotor/Berkerak

Dalam 1 minggu (26082007), aku harus menambah air radiator si meme karena air yang ada di cadangan habis. Padahal dulu ketika sama si coco, saya sangat jangan menambah air radiator atau bahkan tidak pernah, karena memang air yang ada di tangki cadangan tidak terlihat berkurang. Ketika katup radiator dibuka terlihat banyak sekali cairan kental bewarna kuning-orange (kotor).

Pada hasil diagnosa awal kondisi si meme (non pemeriksaan yang dari bawah) p’imam menyarankan untuk mengerokkan radiator karena kondisi di dalamnya pasti sudah banyak kerak. Atas rekomendasi babe saya ke servis radiator beji yang berlokasi di ujung selatan sebelah barat jl. jagalan (sejalan dengan ayamg goreng mbok sabar/ radio redjo buntung).

  • Pertama-tama nunggu sampai radioator dingin yaitu cukup dengan mematikan mesin dan membuka kap mobil.
  • Slang/pipa penghubung ke radiator dilepas untuk kemudian radiator juga dilepas.
  • Slang/pipa penghubung tadi dibersihkan (jawa: digojaki) dengan air, air dimasukkan ke ujung satu dan nantinya dikeluarkan dari ujung satu nya.
  • Komponen radiator dipisah menjadi dua, yaitu komponen atas – bagian yang ada tempat tutup kita memasukkan air radiator dan komponen bawah (seperti lipatan2 kertas).
  • Kita bersihkan kerak sampai bersih dengan bantuan besi panas, logam pipih (utk menyogok bagian atas bawah yang berupa lipatan2 kerta), air keras, kuas kecil. Kita bisa mengerok kerak-kerak sampai cat yang ada luntur karena nanti bisa di cat lagi/di pilox.
  • Setelah itu kemudian komponen atas ditambal dengan menggunakan logam yang dilelehkan (spt tenol). Bapak yang menservis telah menyiapkan besi yang dipanaskan yang berfungsi spt solder sejak radiator dibongkar.
  • Kemudian komponen radiator disatukan dan ditenggelamkan di kolam air, (setelah 2 lubang besar ditutup) yaitu untuk dicek apakah radiator ada yang bocor atau tidak. Dan jika masih bocor maka ditambal lagi.
  • Setelah tes kebocoran lolos, radiator dikeringkan dengan terik matahari untuk kemudian di-pilox hitamuntuk mengganti cat yang tadi luntur akibat terkerok/luntur kena air keras.
  • Setelah itu radiator dipasang lagi, untuk bagian2 yang akan dihubungkan dengan selang (ada 2 titik), bisa dibelit dengan plester putih spt ketika akan menyambung pipa.
  • Setelah terpasang, kemudian radiotor diisi air bersih dan dites.
  • Radiator dibiarkan terbuka dan mesin dihidupkan sehingga kita bisa memantau air radiator. Kita bisa menambahkan air setelah mesin dibleyer-bleyer.
  • Jika sudah tampak normal, ya tinggal bayar saja.

Biaya servic radiator tersebut diatas = Rp. 60.0000,00. Saya menunggu pengerjaan service tersebut lebih kurang 3.5 jam. So jangan lupa bawa cemilan atau bacaan, agar tidak bosan.

Standard

12 thoughts on “Service Radiator Kotor/Berkerak

  1. bimantara says:

    kalau mau service radiator yang bagus ada di sunter podomoro jl. agung barat blok a3 no. 15 sunter agung jakarta utara kalau dari sunter mall arah kemayoran sebelum lampu merah belok kanan sedikit namanya PUTRA LAUT Radiator ” bagus murah garansi ” rata rata 50rb per service

  2. Soega says:

    Lama amat servicenya smpe 3jam lebih,,d tempatku cm 2jam aja tuh….soalx d tmpatku alatnya g pake besi yg di panasin,,jd pke alat sperti punya kemasan,,so cpet skali, 2jam itu msih bisa lbh cpt lg klo dteng duluan….hehe

  3. david says:

    service radiator yg di sunter podomoro jl.
    agung barat 1 blok a3 no. 15 sunter
    agung jakarta utara sekarang pindah di JL.SUNTER PERMAI RAYA NO.1 depan gedung MITRA PRAJA trima service segala macam radiator , modif , & ganti upertang harga murah bagus & bergaransi kepuasan anda barokah bagi kami trima kasih 🙂

    • Hendra says:

      Bengkel radiator yg didepan Mitra Praja ada nomer telponnya ga ya? Saya kesana ga ada bengkel radiator nya…sudah pindah kah?

Leave a comment